APA YANG TERJADI JIKA KITA MELETAKAN GELAS DI DEKAT LOUD SPEAKER.?



















Nah, apa yang terjadi ketika kita memutar music terus kita iseng-iseng meletakan gelas di dekat loud speaker kita, apa yang akan terjadi.? Mau tau jawabanya,.? Yuk simak aje penjelasan ane (bahasa arab gadungan, hihihihi) dibawa ini.
Yang perlu lho-lho harus ketahui, bahwa pada frekuensi suara tertentu, gelas dapat saja pecah dengan sendirinya, mengapa hal itu bisa terjadi.? Ya jawabannya simple dan sederhana, karna setiap benda mempunayi frekuensi alamia (itu saja sih). Nah jika benda lain yang berada di sekitar benda tersebut bergetar dengan getaran yang sama dengan frekuensi alamiah benda, maka tentu saja akan terjadi peristiwa yang disebut RESONANSI, mungkin lho-lho pada lupa apa itu resonansi, sini-sini ane ingatkan, jadi RESONANSI itu merupakan peristiwa ikut bergetarnnya suatu benda yang berfrekuensi sama dengan benda yang sedang bergetar.
Nah pertanyaannya kemudian adalah kenapa gelas tersebut bisa pecah.? Gelas tersebut bisa pecah karna frekuensi getaran suara yang dipancarkan loud speaker beresosnansi dengan frekuensi alamia gelas sehingga terjadi penguatan amplitudo getar yang dapat memecahkan gelas tersebut, (oke.?)
Kita lanjutkan, peristiwa resonansi ini sering kita temukan misalnya pada gempa bumi, ketika bumi bergetar, maka getarannya akan diteruskan kesegala arah, getaran bumi diakibatkan oleh peristiwa (even) yang trjadi pada perut bumi, misalnya pergeseran lempeng bumi, sehingga bumi bergetar yang dapat kita rasakan sebagai gempa.
Jika getaran gempa ini sampai ke permukaan, maka bangunan-bangunan yang ada pada permukaan bumi akan ikut bergetar, jika frekuensi getaran gempa sangat besar melebihi frekwensi alamia dari dari getaran bangunan-bangunan tersebut, maka seperti yang kita tahu, bangunan-bangunan tersebut akan roboh.

Komentar

Postingan Populer