PERBEDAAN AIR PANAS DAN AIR DINGIN

Apa bedannya air panas dan air dingin.? Dan apa yang terjadi ketika air panas dan dingin dicampur.? Yah, mungkin you sudah pernah melakukan hal ini, yakni mencampurkan air panas dan air dingin, dan you pasti suda lihat hasilnnya, namun disini saya ingin menjelaskannya dalam sudut pandangan FISIKA, ya FISIKA, Fisika yang mampu menjelaskan segala hal, satu-satunnya yang tidak bisa dijelaskan oleh FISIKA adalah TUHAN (kata senior saya di MEJA KOTAK JASMIP) waduh, penjelasannya udah dimana ini, oke kembali ke topik.
 
Jadi menurut FISIKA, Air panas memiliki suhu yang lebih tinggi dan molekul-molekulnnya bergerak lebih cepat dibandingkan dengan air yang dingin, jadi jika air panas dicampur dengan air dingin, maka air panas akan memberikan sebagian energi kalornnya untuk menggerakan molekul-molekul air dingin, sehingga molekul-molekul yang ada pada air dingin akan bergerak lebih cepat dari yang sebelumnnya. Energi kalor yang dilepaskan oleh air panas menyebabkan gerakan dari molekul-molekul air panas menjadi lambat, hal ini menyebabkan laju gerak molekul air menjadi sama sehingga suhu kedua air tersebut akan sama.
 
Hal ini dapat kita simpulkan bahwa, pada dasarnnya energi panas (kalor) dapat berpinda karena adannya perbedaan suhu. Air panas akan melepaskan energi kalornnya, sedangkan air dingin akan menerima energi kalor tersebut, inilih yang disebut sebagai hukum termodinamika ke 0. Jadi kalor dapat berpinda dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah, akan tetapi kalor tidak mungkin berpindah secara alami dari benda yang memiliki suhu rendah ke benda yang memiliki suhu yang tinggi, tanpa perlakuan khusus atau bantuan dari alat tertentu hal itu tidaklah mungkin terjadi, inilih yang dibahas dalam hukum termodinamika ke 1

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer